Jumat, 31 Mei 2013

Cara menjaga kesehatan anak

menjaga kesehatan anak
Cara menjaga kesehatan anak - Para ibu berkewajiban menjaga kesehta ananya, dan kesehatan ini merupakan suatu hal yang mahal karena tidak bisa diukur menggunakan materi.  dengan sehtnya anak maka dia akan bebas bermain dan mengembangkan kemampuannya tnpa ada hambatan baik itu kognitif maupun afektifnya.  Dengan anak sehat maka akan sangat membantu orang tua dalam menjalankan aktifitasnya.

Kesehatan anak sebenarnya hanya mengikuti pola hidup keluarga.  Keluarga yang sehat akan lebih bisa menjaga anak tetap sehat bila dibandingkan dengan keluarga yang tidak memperhatikan mengenai pola hidup.  Pola hidup yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak adalah mengenai pola makan.  Pola makan orang tua akan diikuti oleh anaknya.  Karena anak hanya mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya.  Terutama para ibu sangat memegang peranan penting.

Sebagai ibu yang baik maka harus menerapkan pola hidup yang sehat di dalam keluarganya.  Pola hidup sehat tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak biaya.  Banyak cara-cara dan tips hidup sehat yang bisa dipraktekkan namun tidak memakan biaya yang banyak.  Hidup sehat juga bukan berarti harus makan yang serba enak.  Point yang paling penting adalah kandungan gizi dan kombinasi makanan yang sesuai terutama untuk anak-anak.

Berikut ini beberapa cara menjaga kebersihan tubuh anak-anak sehari-hari:

    Mandikan balita anda dengan sabun 2 (dua) kali sehari.
    Cucilah rambut balita anda dengan shampo sekurang-kurangnya 3 (tiga) kali dalam seminggu.
   Cuci tangan balita dengan sabun sebelum makan, setelah buang air kecil, setelah buang air besar, setelah bermain.
    Jagalah kebersihan telinga balita anda.
    Segera gunting kuku tangan dan kuku kaki balita anda jika mulai panjang.
    Ajari dan biasakanlah balita anda untuk buang air besar dan buang air kecil di WC.
    Selalu jaga kebersihan pakaian, mainan dan tempat tidur yang digunakan oleh si kecil.
    Jagalah selalu kebersihan makanan, minuman serta tempat yang dipakai untuk menyajikannya.


Berikut ini adalah tips lainnya untuk membantu menjaga kesehatan anak

1.  Membiasakan anak berolah raga

Tak dipungkiri lagi bahwa olah raga sangat banyak membawa manfaat untuk kesehatan.  Dengan anak berolah raga maka akan membantu memperlancara aliran darah.  Dengan lancarnya aliran darah ini maka si anak akan tetap sehat.  Perlu diingat bahwa anak yang sehat akan memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat.  Imunitas tubuh yang kuat akan mampu bertahan dari serangan penyakit.

Olah raga yang dianjurkan dan disarankan adalah olah raga renang, memanah, berkuda, gulat dan lari.  Olah raga ini akan membentuk badan ideal dan kuat.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari/Muslim)

2.  Membiasakan anak bersiwak

Bersiwak sangat membantu untuk menyingkirkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut.  Bersiwak bisa dibiasakan kepada anak sejak usia kecil.  Gigi yang putih dan bersih menandakan anak rutin bersiwak.

"Sekiranya tidak memberatkan umatku niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap akan melakukan shalat."

3.  Menjaga kesehatan dan membiasakan memotong kuku

Kuku yang panjang adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri.  Apalagi kebiasaan anak-anak yang suka main pasir sehingga membuat kuku anak-anak menjadi hitam.  Ditambah lagi kebiasaan anak-anak yang suka mencomot makanan dengan tangan kotor.

“Fitrah (kesucian) manusia ada lima: dikhitan, mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (tangan dan kaki), serta mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari)

4.  Mengikuti kebiasaan Nabi dalam mengkonsumsi makanan dan minuman

Nabi memiliki cara tersendiri dalam menyantap makanan.  Mulai dari makan dengan menggunakan tiga jari dan mengambil makanan yang paling terdekat.  Dalam adab makan sebaiknya tidak mengacak-acak makanan agar keberkahan makanan tetap terjaga.  Dengan anak bisa menahan nafsu makan dengan rakus maka akan membantu anak untuk mengendalikan emosinya.

5.  Tidur miring

Jangan membiasakan anak untuk tidur tengkurap.  Posisi tidur yang paling baik adalah dengan posisi lambung berada di sebelah kanan.  Posisi tidur dengan miring ke kanan sesuai dengan tidurnya Rasulullah.  Tujuannya adalah organ-organ yang penting di dalam tubuh tidak saling menindih.  Terutama organ jantung.

6.  Mengobati dengan pengobatan alami

Pemijatan adalah salah satu pengobatan yang baik untuk diberikan kepada anak.  Sebaiknya para ibu membiasakan mengobati anaknya dengan obat-obatan alami agar anak tidak banyak mengkonsumsi obat kimia yang bisa membahayakan kesehatan anak.  Pengobatan alami sangat terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan anak tanpa membawa efek samping.

7.  Membiasakan tidur awal waktu

Kebiasaan tidur yang paling baik adalah tidur awal dan bangun pagi lebih awal.  Dengan bangun lebih pagi maka para anak bisa menikmati segarnya udara pagi.  Selain itu dengan bangun pagi maka akan lebih melancarkan rejeki.

8.  Menjaga dan menjauhkan anak dari penyakit menular

Anak-anak belum memiliki sistem dan kekebalan tubuh sebagus orang dewasa.  Ia masih rentan terkena penyakit terutama penyakit menular.  Jagalah anak baik-baik dari penyakit yang bisa menular.  Anak yang memiliki penyakit menular sebaiknya jangan dicampurkan dengan anak yang sehat.

"Tidak boleh membawa orang sakit menular kepada yang sehat."  (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud dan An Nasai)

9.  Mengobati anak dari penyakit mata yang hasad dan jin

Penyakit mata yang hasad atau 'Ain karena dengkinya seseorang bisa diobati dengan cara di ruqyah.  Untuk menjaga anak dari penyakit 'ain ini maka kita sebagai orang tua harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.
thumbnail
Judul: Cara menjaga kesehatan anak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan , tips menjaga kesehatan anak :

2 komentar :

 
Copyright © 2013. - Contact
Template Seo Elite oleh Bamz